README FIRST

Jangan heran apabila dalam blog ini ada ide di sebuah posting yang bertentangan dengan posting yang lain. Semua posting ini ditulis oleh orang yang sama yaitu saya. Tetapi posting yang ditulis tahun 2013 ke depan ditulis oleh saya yang sudah tercerahkan oleh berbagai pengalaman hidup. Dari diliput oleh koran luar negeri, kehilangan teman yang tewas tertembak dalam kerusuhan Ambon 2011, sampai melancong ke belahan lain dunia ini, semuanya itu membentuk sebuah pemikiran yang berbeda dari sebelumnya.

17 Maret 2009

Puisi De Santos (1)


Aku Jatuh

Aku terjebak dalam gelap
Hidup Aku tak bersayap
Mati pun Aku tak berharap
Malam buat Aku kaku
Hingga beku mati Aku

Originally by De Santos, Sept 2008

Puisi ini adalah yang disebut dengan puisi konkret. Bila Anda perhatikan puisi berjudul "Aku Jatuh" ini kata "Aku" di sana terlihat jatuh dari kiri atas ke kanan bawah. Pada saat mendapatkan ide menciptakan puisi ini, saya mencari-cari kata yang pas agar kata "Aku" bisa benar-benar terlihat jatuh. Jadi, puisi ini sebenarnya TIDAK mewakili perasaan saya pada saat itu, benar- benar hanya karangan.

6 komentar:

  1. Gokil.... Opps!! This just awesome, my brother. You have a very favorable taste of poetry and language arts.... Jadi pengen belajar mengolah and mengasah kata dari kamu, bro!!!

    Semangat! Good to see u be creative!

    BalasHapus
  2. semangat, bos!
    tetap berjuang!

    ambonese*

    BalasHapus
  3. Such a gorgeous poem, bro...
    I love the way it goes down and especially the bold words "AKU"

    great idea....
    anyway...what do you mean by "hingga beku mati aku"? is it reflect the real meaning of death? or what?

    BalasHapus
  4. Beku dan mati memiliki arti yang mirip, yaitu tak dapat melakukan apa2 lagi. Di film Braveheart, William Wallace (Mel Gibson) mengatakan bahwa di dunia banyak orang yang hidup namun sesungguhnya mati namun sebaliknya ada orang yang mati tapi selamanya hidup di hati orang banyak.

    BalasHapus
  5. bagus puisinya...
    bahasanya singkat, padat dan apa yang mr. tulis tersampaikan...

    btw tu puisi inspirasinya dr mn ??
    pengalaman pribadikah ??
    coz tu puisi maknanya dalem loh,,

    -debora-

    BalasHapus