README FIRST

Jangan heran apabila dalam blog ini ada ide di sebuah posting yang bertentangan dengan posting yang lain. Semua posting ini ditulis oleh orang yang sama yaitu saya. Tetapi posting yang ditulis tahun 2013 ke depan ditulis oleh saya yang sudah tercerahkan oleh berbagai pengalaman hidup. Dari diliput oleh koran luar negeri, kehilangan teman yang tewas tertembak dalam kerusuhan Ambon 2011, sampai melancong ke belahan lain dunia ini, semuanya itu membentuk sebuah pemikiran yang berbeda dari sebelumnya.

12 Maret 2009

G 30 S - Pembukaan

(Posting ini didedikasikan untuk teman-teman TC 3rd cohort yang mengambil mata kuliah Sejarah Indonesia, namun terbuka pula untuk umum)

Perjalanan sejarah Indonesia merdeka dinodai oleh sebuah kejadian kelam pada tahun 1965 yang terkenal dengan sebutan G30S (Gerakan 30 September) atau GESTAPU (Gerakan September Tiga Puluh). Karena insiden ini terjadi antara tanggal 30 September malam hingga 01 Oktober dini hari, ada pula yang menyebutnya GESTOK (Gerakan Satu Oktober). Peristiwa yang dimaksudkan yaitu terbunuhnya jenderal-jenderal AD di tempat kediaman masing-masing dan di Lubang Buaya. Pembunuhan yang dilakukan terhadap mereka sarat dengan intrik politik yang masih menjadi kontroversi sampai saat ini. Oleh karena itu, topik tentang peristiwa G30S amat menarik untuk dibahas dan diperdebatkan.
Link (dari Wikipedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar