README FIRST

Jangan heran apabila dalam blog ini ada ide di sebuah posting yang bertentangan dengan posting yang lain. Semua posting ini ditulis oleh orang yang sama yaitu saya. Tetapi posting yang ditulis tahun 2013 ke depan ditulis oleh saya yang sudah tercerahkan oleh berbagai pengalaman hidup. Dari diliput oleh koran luar negeri, kehilangan teman yang tewas tertembak dalam kerusuhan Ambon 2011, sampai melancong ke belahan lain dunia ini, semuanya itu membentuk sebuah pemikiran yang berbeda dari sebelumnya.

23 Maret 2009

G 30 S - Dalang


PKI
Pada saat Soeharto berkuasa, PKI dituduh menjadi dalang tunggal di balik G30S. Sehingga peristiwa tersebut diberi nama G30S/PKI. Alasanya yaitu; karena PKI merasa terancam oleh para jenderal AD yang sangat anti-komunis. Dan nyatanya, pelaksana lapangan operasi itu adalah Letkol Untung yang berada di bawah pengaruh PKI. Nama PKI juga sudah tercoreng ketika terjadi pemberontakan di Madiun tahun 1948. Memang sulit untuk mengatakan bahwa PKI sama sekali tidak terlibat dalam hal ini, namun banyak orang yakin ada oknum lain di belakangnya yang merupakan dalang sebenarnya.

Soekarno
Dari sebuah dokumen rahasia badan intelejen Amerika Serikat (CIA) yang baru dibuka yang bertanggalkan 13 Januari 1965 menyebutkan sebuah percakapan santai Soekarno dengan para pemimpin anti-komunis bahwa ia masih membutuhkan dukungan PKI untuk menghadapi Malaysia dan oleh karena itu ia tidak bisa menindak tegas mereka. Namun ia juga menegaskan bahwa suatu waktu "giliran PKI akan tiba. Soekarno berkata, "Kamu bisa menjadi teman atau musuh saya. Itu terserah kamu. ... Untukku, Malaysia itu musuh nomor satu. Suatu saat saya akan membereskan PKI, tetapi tidak sekarang." Pelaksana langsung operasi G30S adalah pasukan Cakrabirawa (pasukan penjaga keamanan Presiden) yang dipimpin oleh Letkol Untung. Karena merasa dirinya akan dikudeta oleh jendera-jenderalnya, ia mengambil tindakan pencegahan dengan memerintahkan Cakrabirawa untuk membereskan mereka.

Soeharto
Dikatakan bahwa Soeharto adalah orang yang haus akan kekuasaan, dapat dilihat ketika ia berturut-turut menjadi Presiden sampai 32 tahun lamanya. Pada saat itu, halangan Soeharto untuk mencapai tampuk kekuasaan adalah senior-senior AD-nya dan PKI yang dekat dengan Soekarno. G30S adalah cara bagus untuk menyingkirkan dua musuhnya sekaligus. Dengan terbunuhnya panglima-panglima AD, ia memiliki alasan untuk membasmi PKI yang dituduh melakukannya. Kedekatannya pada Letkol Untung, pelaksana lapangan operasi G30S, membuat tuduhan terhadap dirinya semakin nyata. Setelah Orde Baru berakhir, banyak sekali buku yang terbit mengacu pada G30S/Soeharto. Belum memiliki bukti, yang terdapat di sana hanyalah berupa prediksi-prediksi yang logis.

CIA
Pada saat Perang Dingin, kepentingan AS jelas sekali, yaitu untuk mencegah sebuah negara menjadi negara komunis atau pro-komunis. Hal ini telah terbukti pada intervensinya di Korea maupun Vietnam. PKI pada saat itu merupakan partai komunis terbesar ketiga di dunia. Setelah operasi G30S berhasil menyingkirkan PKI (komunis) dan juga Soekarno (anti barat), Indonesia Orde Baru menggandeng erat kapitalisme AS. Artinya, dari hasil yang ditimbulkan, adalah sangat masuk akal bahwa CIA/AS adalah dalang di balik ini semua.


Menurut Anda, siapa dalang G 30 S yang sebenarnya?

11 komentar:

  1. Siang,(lagi) Pak!
    Klo saya pribadi, stuju banget bahwa Soeharto lah dalang G 30 S, dengan pernyataan pendukung (berdasarkan buku2 yang saya) baca sbb :
    1. beliaw tau akan ada penculikan jendral2 (termasuk atasannya) tapi tidak melakukan apapun
    2. beliaw mbersaksi mengenai kol. Latief ( tersangka G 30 S ) dengan 3 kesaksian yang berbeda, menunjukkan inkonsistensi ( dengan tujuan membuat kol. Latief dinyatakan bersalah?)
    3. beliau langsung menyebut PKI sebagai dalang gerakan tsb pada 1 oktober 65 padahal fakta2 masih simpang siur dan belum jelas
    4. kemungkinan besar beliau berambisi menggantikan kedudukan presiden Soekarno
    5. Beliau yang 'memaksakan' kedatangan dokter dari Cina untuk mendiagnosis penyakit presiden Soekarno (dengan diagnosa: parah dan hampir meninggal )agar seolah2 PKI 'percaya', merasa 'terancam' dan segera melakukan tindakan. Padahal 2 dokter presiden menyatakan beliau hanya masuk angin biasa
    6. beliau melakukan 'pembenaran' film G 30 S agar sesuai dengan versi beliau.
    7. selanjutnya menyusul a.s.a.p ^^

    yang jadi pertanyaan saya, ada teori lain bahwa Soeharto + CIA lah dalang G 30 S, dari mana yah pak teori itu bisa muncul? apa hubungannya Soeharto dan CIA?

    BalasHapus
  2. o iya! tambahan, pak!
    7. Mayjen Soeharto mempunyai hubungan dengan kol. Untung ( bawahannya ketika berjuang di jawa tengah)
    8. menyusul lageee........

    BalasHapus
  3. iyah sayah jg stuju klu suharto plaku nya..
    hidup suharto!!! (loh?? uda passed away jg,,hoekekek)

    @tessa: bknnya kol.latief itu ga sala??
    dy cuman korban kambing hitam aja,,justru dy itu saksi mata yg ngeliat suharto maksa sukarno tandatangan supersemar..pake nodong2 pistol sgala lg ktnya seh..
    yg g taw,,dy jg disiksa gt ama suharto t..
    bener ga seh?? g jg taw nya dr buku,,ada yg nulis ky gt soalnyah...heuheuheu..

    BalasHapus
  4. Yee: naaaa, itu diya yee.. pledoi kolonel latief emang isinya meyakini banget klo soeharto dalang di balik G 30 S. tp g blum yakin soal kol Latief ga brsalah mah.
    yg g tulis di poin 2 maksudnya menunjukkan bahwa Soeharto tuh pengen banget bikin Letief terlihat bersalah. tapi aneh dia ngasi 3 kesaksian yang beda2.
    Naahhh,3 kesaksian berbeda Soeharto ttg kejadian "pelaporan rencana penculikan para jendral dari Latief ke Soeharto" (jadi ceritanya waktu itu Soeharto lagi di rumah sakit nemenin Tommy yang kesiram sop panas, Latief mendatangi Soeharto, nyalamin soeharto, istrinya, trus bicara 4 mata sama soeharto ttg rencana 'penculikan' trus latief nunggu perintah soeharto tp soeharto ga bilang apa2):
    1. Soeharto bilang dia cuma melihat latief di balik jendela
    (aneh donk, padahal Latief bilang tanya aja istrinya soeharto klo latief nyalamin dia)
    2. soeharto ngaku Latief dateng waktu Tommy sakit,dan berterimakasih pada perhatiannya tapi ga nyangka latief bakal melakukan kup (coup) ke presiden,
    dia bilang latief dateng cuma untuk liat kelengahan dia.
    (tambah aneh lagi, td dia bilang cuma liat di jendela ajah?!)
    3. Soeharto menjawab pertanyaan 'kenapa dia ga ikut diincer kaya dewan jendral' dengan mengatakan bahwa latief dateng buat ngebunuh dia tp ga jadi karena di RS banyak orang
    (yyyyah....dia lucuuuu......)

    buat Pak (eh,maaf!) Bang Dwi:
    sayah setuju sama paper Bang Dwi dkk yang berjudul G 30 S/ Soeharto. bukan G 30 S/PKI.
    tambahan 'why soeharto?'
    8. dia mengeluarkan buku putih (di jaman orba) yang bersumber dari interogasi (disertai penyiksaan) para 'pelaku2' G 30 S.
    9. dia segitu marahnya terjadi bakar2an buku teks sejarah yang tidak menyertakan /PKI setelah kata G 30 S (2007)

    BalasHapus
  5. ralat:
    9. dia segitu marahnya sampe terjadi bakar2an buku teks sejarah yang tidak menyertakan /PKI setelah kata G 30 S (2007)

    BalasHapus
  6. Livia, kayaknya kamu baca bukunya Dr. Soebandrio y? Di paper saya tahun lalu yg saya kirim ke kalian saya juga menuduh Soeharto sebagai dalangnya. Tapi tetep blum ada bukti kalo dia itu dalangnya. Kali ini saya coba membela Soeharto dengan ngebahas dari poin2 yg kamu kasih y...

    1. Walaupun ia tahu, ia tidak dapat melakukan apapun, karena belum ada bukti tentang adanya gerakan tersebut. Kalau sekedar menginformasikan Presiden itu juga tidak perlu, karena Presiden sebenarnya juga sudah mendengar desas-desus kudeta. Jadi memang tidak ada yang perlu dan bisa dilakukan Soeharto pada saat itu.

    2. Masalah tidak konsisten ini memang menjadi batu sandungan bagi Soeharto. Namun, tetap ini tidak bisa dijadikan bukti. Alasan ketidak konsistenan bisa jadi adalah kelupaan atau cara tanggap wartawan yg berbeda-beda.

    3,4,6,9. Ya, ia scr jelas mau jadi pahlawan dan berkuasa. Ia memang mengambil keuntungan dari keadaan ini tapi itu bukan berarti ia adl dalangnya. Contohnya begini, pd saat kerusuhan Mei 98, suasana sedang kalut. Banyak orang yg mengambil kesempatan untuk mencuri barang dari rumah/toko orang lain. Tapi, mereka bukanlah dalang dari kerusuhan tersebut. Soeharto mungkin hanyalah orang seperti mereka ini.

    5. Masalah kondisi Presiden, ada yg menentang pernyataan bahwa PKI tidak tahu kesehatan Presiden yg sebenarnya. D.N Aidit orang yg sangat dekat dengan Presiden, ia tahu betul kondisi kesehatannya sehingga tidak mungkin termakan tipuan Soeharto yg spt itu.

    7. Setelah masalah ketidak konsistenan, Soeharto terjegal karena kedekatannya dengan Letkol Untung. Memang aneh kelihatannya, Soeharto terlihat seperti mendekat2i Untung sebelum hari-H. Tapi sekali lagi, scr hukum kedekatan itu bukanlah merupakan bukti yg kuat. Kalo temenmu melakukan kejahatan kan bukan berarti kamu juga terlibat kan?

    Sampai hari kematiaannya Soeharto tetap tutup mulut tentang G30S, keliatannya memang ia menyembunyikan sesuatu.

    Bravo Livia, lanjutkan penelitianmu untuk menuduh Soeharto dengan lebih kuat lagi!
    (dan jangan panggil saya "Pak" dunkz....)

    BalasHapus
  7. Soeharto melakukan coup de' tat kpd Soekarno dengan Supersemar yang sampe skrg kg ada bukti bahwa surat itu ada atau kaga, trus tahun 1998, Tommy the prince of Cendana kills his mom in the headshot because of money...

    Well don't forget about the "RaTs"

    jEND Prabowo
    jend Wiranto
    Jend Sutiyoso


    well, those are the rats who makes indonesia rots...

    BalasHapus
  8. kris
    punya referensi buku yg bisa di baca tentang G 30 S PKI

    BalasHapus
  9. Horre! Bravo!!
    Malem, Bang!
    sepertinyah bukan buku Bapak Soebandiro, lho yang sya baca...
    yah...
    membaca tanggapan Bang De Santos diatas sayah menyatakan:
    iya yah,Bang...betul juga...
    tuduhan2 yang saya lancarkan jadi terasa lemah....
    tapi Soeharto memang berpotensi besar sebagai dalang G 30 S, bukan?
    sayah akan berusaha lebih keras lagi!
    SMANGAT!!! MERDEKA!!
    salam dalam kasih Kristus, Hallelujah!!! *hehe*

    BalasHapus
  10. aduh.... gw takuuutttt... gak ngerti apa-apa...
    pas 30 september itu terjadi apaan aja gw gak ngartii... huahhhh,, help T.T

    yang jelas sih, sejauh ini kelompok gw nuduh soeharto..hahah.... gw ikutan aja lah...

    oiia,, yang ngerti ttg g30 s dan bisa serta bersedia bercerita ke gw, tolong dong dang ding dong.....T.T... ahhhhhhh....... gaka mau jadi guru sejarah T.T

    BalasHapus
  11. Ya klo mo lihat siapa dalang G30S itu gampang kok....coba liat sebelom peristiwa itu kan kita menganut paham Anti Liberal dan memusuhi negeri-negeri antek NEKOLIM, tapi setelah kejadian itu kita menjadi negeri yang berpaham liberal dan lebih condong ke barat.... jadi syapa yang menjadi dalang G30S bisa diambil kesimpulan nya kan

    BalasHapus