README FIRST

Jangan heran apabila dalam blog ini ada ide di sebuah posting yang bertentangan dengan posting yang lain. Semua posting ini ditulis oleh orang yang sama yaitu saya. Tetapi posting yang ditulis tahun 2013 ke depan ditulis oleh saya yang sudah tercerahkan oleh berbagai pengalaman hidup. Dari diliput oleh koran luar negeri, kehilangan teman yang tewas tertembak dalam kerusuhan Ambon 2011, sampai melancong ke belahan lain dunia ini, semuanya itu membentuk sebuah pemikiran yang berbeda dari sebelumnya.

23 April 2009

G30S - Sebuah Kegagalan

Ket:
+ (hal yang mendukung pihak tersebut sebagai dalang)
- (hal yang menepis kemungkinan pihak tersebut sebagai dalang)

Di sini kita berasumsi dasar bahwa gerakan G30S adalah sebuah kegagalan. Itu berarti G30S malah membawa kerugian bagi dalangnya. Berdasarkan asumsi itu, ada 3 kemungkinan dalang yang dipaparkan di bawah ini:

PKI
1+ Merasa terancam oleh para jenderal AD yang sangat anti-komunis. Isu sakitnya Soekarno mengancam PKI karena apabila Soekarno meninggal, kemungkinan besar orang AD yang akan menggantikan posisinya. Jika AD sudah berada di tampuk kekuasaan, pasti PKI akan ditindas atau malah dilibas.
2+ Pelaku lapangan G30S (Untung, Latief, Soepardjo) yang pernah ikut dalam Kelompok Diskusi Patuk dapat dikategorikan sebagai orang AD yang berada di bawah pengaruh PKI.
3+ Nama PKI sudah tercoreng ketika terjadi pemberontakan di Madiun tahun 1948.
4+ Seperti halnya di negara-negara lain, komunis menghalalkan segala cara termasuk kekerasan untuk mencapai komunisme.

1- Beresiko tinggi terhadap kehancuran partai. Pada saat itu PKI sudah merupakan partai besar dan berpengaruh.
2- Rencana yang prematur, tidak ada koordinasi antara Jakarta dengan daerah-daerah.

Soekarno
1+ Soekarno berkata, "Kamu bisa menjadi teman atau musuh saya. Itu terserah kamu. ... Untukku, Malaysia itu musuh nomor satu. Suatu saat saya akan membereskan PKI, tetapi tidak sekarang." ( sumber: Dokumen CIA bertanggalkan 13 Januari 1965 yang baru dibuka)
2+ Pelaksana langsung operasi G30S adalah pasukan Cakrabirawa (pasukan penjaga keamanan Presiden) yang dipimpin oleh Letkol Untung. Karena merasa dirinya akan dikudeta oleh jendera-jenderalnya, ia mengambil tindakan pencegahan dengan memerintahkan Tjakrabirawa untuk membereskan mereka.
3+ Kesaksian para terpidana di Mahmilub bahwa Soekarno setidaknya terlibat.
4+ Keberadaanya di Halim bersama para pelaku G30S tgl 1 OKt
5+ Tidak datang pada upacara pemakaman para jenderal tgl 5 Okt
6+ Perlindungannya kepada para pimpinan PKI
7+ Traumatis terhadap AD. Pada tahun 1952 tentara pernah mengarahkan meriamnya ke istana dan mendesak pembubaran parlemen.
8+ Ketidaksepahaman AD terhadap Nasakom. AD dipandang sebagai suatu kekuatan yang selalu menghadang ide-idenya.
9+ Isu Dewan Jenderal dan Dokumen Gilchirst
1- Kesaksian Hariyati bahwa Soekarno kelihatan bingung tak tahu apa-apa sesaat setelah terjadinya coup.
2- Kepada Ibu Supeni (PNI):"Saya yang memperjuangkan negara kesatuan dari muda sampai tua, kok sampai pecah persatuan. Kalau harus tenggelam biarlah saya yang tenggelam."
3- Rencana yang tidak efisien karena dengan membunuh para jenderal, ia tidak akan siapa lagi yang terlibat dalam usaha kudeta terhadap dirinya.
4- Dekrit no.1 oleh Untung mengkudeta pemerintahan yg pada saat itu ada.

RRT/Cina
1+ Sudah memiliki daftar korban pada 1 Okt jam 09.00. Di daftar itu, ada nama Nasution yang sebenarnya lolos dari penculikan. Ini mengindikasikan bahwa Cina telah memiliki draft daftar jenderal-jenderal sebelum kejadian.
2+ Tanggal yang dipilih untuk terjadinya operasi itu adalah tanggal 1 Oktober, bertepatan dengan Hari Nasional Cina.
3+ Pada tanggal 5 Oktober, Kedubes Cina adalah satu-satunya Kedubes yang tidak mengibarkan bendera setengah tiang untuk menghormati jenderal-jenderal yang wafat.
4+ Dokter yang memeriksa kesehatan Soekarno adalah dokter dari RRT, sehingga isu akan segera meninggal/lumpuhnya Sang Presiden dapat direkayasa oleh pihak RRT.

16 komentar:

  1. bagaimana dengqan soeharto dan CIA???
    apakah mereka juga bisa disebut sebagai dalang???
    menurut saya soeharto juga berpeluang cukup besar untuk menjadi dalang peristiwa tersebut...karena saat itu soeharto ingin menduduki jabatan yang tinggi...

    Maria Imaculata Addelin/3 ID1-A

    BalasHapus
  2. pak....eh,
    Bung....
    anda membuat sayah tambah pusing......

    BalasHapus
  3. ha?????
    RRT/RRC jg?????
    aneh-aneh dech!!!!
    bikin +pusing aj!!!
    mana jlasnya??????
    sejaraH benar2 kaBUr!!!

    BalasHapus
  4. Radelsta, sperti yg sdh sy katakan di awal dari posting ini, bahwasannya kita sedang berasumsi bahwa dalang G30S ini mengalami kegagalan. Jadi, ada 3 kemungkinan dalang yang ada yang saya paparkan di atas. Untuk CIA dan Soeharto akan dibahas di posting berikutnya, coming soon.

    Livia, gak usah pusing. Justru ini untuk menantang iman kamu yaitu G30S/CIA. Ternyata banyak fakta dan logika yang dapat mendukung adanya dalang yang lain bukan? Coba kamu tepis sangkaan terhadap Soekarno, PKI, dan RRT ini...

    Miss m3, kalo sekarang banyak yg menuduh CIA adl dalang G30S karena kepentingannya untuk membendung komunis, maka memungkinkan juga tuduhan dalang terhadap RRT donk, coz kepentingannya untuk menjadikan Indonesia benar-benar komunis. Hanya saja ia gagal. Nah, sekarang coba kamu tunjukkan alasannya mengapa kalau kamu tidak setuju RRT sebagai dalang G30S? Di posting ini, bahkan saya tidak menuliskan sisi "-" nya dari kandidat dalang yang satu ini.

    BalasHapus
  5. wah...setelah baca ulang jadi sedikit ragu soeharto dalang nyah...
    apalagi baca bagian RRT...
    harus perbanyak referensi lagi nich...

    BalasHapus
  6. Soekarno berkata, "Kamu bisa menjadi teman atau musuh saya. Itu terserah kamu. ... Untukku, Malaysia itu musuh nomor satu. Suatu saat saya akan membereskan PKI, tetapi tidak sekarang." ( sumber: Dokumen CIA bertanggalkan 13 Januari 1965 yang baru dibuka)

    apakah anda pikir dengan semudah itu sebuah kelompok besar seperti CIA menunjukan bukti keterlibatan soekarno?
    bukankah bisa saja ini hanya upaya dari kelompok besar CIA ingin menjatuhkan soekarno yang sampai saat ini masih di kagumi oleh rakyat indonesia??

    BalasHapus
  7. apakh tdk ad sisi - dr RRT??
    mlah bingung nie...
    kok mlah memihak ke soekarno..

    BalasHapus
  8. (agar lebih praktis kamu gak perlu copy paste tulisan di posting, cukup dengan nulis Soekarno poin +1...)

    Ya, dokumen CIA itu bisa saja dibuat-buat. Apalagi, Soekarno itu adalah "musuh" AS/CIA. Tapi selain hal ini, masih banyak lagi hal yang janggal lainnya tentang Soekarno.

    Tgl 17 Agustus 1964, ia berpidato dalam peringatan HUT RI. Di sana ia mengaku kagum pada pemimpin-pemimpin fasis seperti Hitler dan Mussolini. Bisa jadi Soekarno sudah terserang penyakit megalomania.

    Tgl 30 September 1965, Soekarno berpidato lagi di Istora Senayan. Kali ini tumben2nya ia menutup pidatonya dengan cerita wayang yg bisa menganalogikan kejadian G30S. Apakah itu kebetulan? atau karena ia memang sudah tahu sesuatu?

    Secara pribadi saya tidak anti-Soekarno, namun di sisi lain saya juga tak mau terhanyut oleh karismanya. Harus berhati-hati akan karisma yang dimilikinya yang bisa membuat kita membelanya secara subjektif.

    Untuk Chenz, coba kamu bantu saya untuk mencari sisi "-" dari RRT. Saya malah mau nambahin satu lagi nih sisi "+" nya...^-^

    BalasHapus
  9. ah.....
    kakak komentator aduh....
    kok dalangnya nambah rrt segala sih....
    bukannya makin sedikit malah makin banyak....
    gimana sih..ini?
    belum selesai pencarian untuk 4 dalang eh...nambah lagi...
    trus...mo nanya nih..CIA itu kan gak dikenal sama orang awam...
    Kalo kita bilang salah satunya adalah CIA mis: ortu qta, pasti malah bingung sendiri dengan arti CIA..
    dan malah semakin menuduh PKI...
    gimana kasih taunya..?
    ada usulan gak?

    BalasHapus
  10. kakak komentator+mentor...
    punya poin2 yang bisa didebatin buat supersemar dan peristiwa 1 maret gak?
    kalo ada mau dong...

    BalasHapus
  11. Lili,
    buat komentar kamu yg pertama, kalo memang ada kemungkinan campur tangan asing, berarti tidak hanya AS tapi RRT juga mungkin. Akan tetapi, bila RRT dalangnya, bedanya hanyalah ia dalang yang gagal.
    Ya, memang saya pun juga menemukan hal yg serupa dari koresponden2 saya yg sudah ada pada era 65. Dan kebanyakan dari mereka masih menuduh PKI sebagai dalang. Awalnya saya bingung, namun setelah penelitian lebih lanjut, ternyata argumen2 tentang PKI sebagai dalang memang masih kuat, terutama bagi mereka yg hidup di zaman itu dan merasakan betul iklim politik saat itu. Perlu diketahui, bahwa sebelum G30S ini PKI telah melakukan beberapa penculikan n pembunuhan di daerah2 terhadap orang2 yg dianggap sebagai "7 Setan Desa" (tuan tanah dsb).
    Ingat, dalam paham komunisme, dengan jelas dikatakan bahwa negara hanyalah alat untuk mencapai komunisme.
    Apakah memang PKI-lah dalangnya?

    BalasHapus
  12. Untuk supersemar, ada beberapa versi yang kontroversial. Salah satunya adalah tentang penodongan pistol terhadap Soekarno.

    Peristiwa 1 Maret maksudnya Serangan Oemoem kan?
    Yg buat didebatin adalah siapa penggagas Serangan Umum ini, Sultan Hamengkubuwono IX ato Soeharto...

    Tapi keduany klo didebatin gk bkl seseru G30S.

    BalasHapus
  13. lo kok bisa sih gak seru...
    aku denger2 dari t3man2 kalo kami gak cuman fokus sama g30s tapi juga serangan oemum dan supersemar..
    oh ya untuk supersemar pas penodongan pistol itu ada yang janggal..
    soalnya ada si pengawal presiden yang bilang kalo pak karno ditodong...
    tapi pengakuan dia setelah orba lengser..
    trus di istana bogor..
    sedangkan ada lagi situasi yang lain dari wakil menteri bahwa pak karno melihat situasi dan sedang berada di Istana merdeka ...banyak massa dan mahasiswa..
    tempat yang benar dimana sih..
    Aku dapat info kalau Adam malik mantan menteri itu katanya ikutan soeharto jadi penggerak g30s
    Menurut ka2k komentator gimana?
    Ada banyak bukti yang bilang kalo ia agen CIA yang bergerak melihat situasi di Indonesia dan lalu memberitahukannya di CIA...
    thanks..^-^

    BalasHapus
  14. RRT = RRC (Republik Rakyat Tjina/China)
    Negara ini menganut paham komunis sejak terjadinya revolusi oleh Mao Zhe Dong.
    PKI Indonesia merupakan partai yang memiliki ikatan kuat dengan RRT yang pada saat itu juga merupakan negara Komunis terbesar di Asia setelah Unisoviet.
    Ir. Soekarno dengan NASAKOM nya mendukung berdirinya PKI dan melakukan hubungan kerjasama dengan RRT.
    CIA adalah antek2 negara Amerika yg pada waktu itu sedang mengalami perang dingin dgn negara2 komunis. Secara logika kita pasti tau mereka pasti akan melakukan segala cara untuk menghambat perkembangan Komunis didunia.
    Mereka tidak mau kecolongan seperti yg terjadi di Korea Utara dan Vietnam Utara.
    Maka mereka berupaya untuk menumpas PKI di Indonesia dgn menggunakan Soeharto.
    Ini hanya spekulasi saya saja. dengan iming2 dijadikan sbg pemimpin negara ini.
    Dengan demikian terjadilah peristiwa G30SPKI
    Nah kok tiba2 aja Soeharto muncul sbg Pahlawan
    yg mengantarkannya ke pintu gerbang tahta kenegaraan.
    PKI berhasil ditumpas... semua yg berhubungan dgn PKI dibumihanguskan.. dampaknya semua org Indonesia Keturunan Chinese mendapatkan dampaknya. Mereka harus menanggalkan atribut kebudayaan mereka karena dianggap sbg komunis..
    Betapa piciknya peristiwa itu.
    Semua org Indonesia Keturunan Chinese harus ganti nama, tidak boleh ada perayaan Imlek, Berbicara dlm bahasa Chinese, bahkan mendapat kelas 2 dalam urusan surat menyurat. Apa pun itu atas nama orang keturunan Tionghoa pasti dipersulit.
    Setelah PKI runtuh.. dan pengaruh komunis sdh berakhir maka Soeharto tidak diperlukan lagi.
    Dan ia pun harus lengser... karena dianggap tidak memberi keuntungan lagi.
    CIA berada dibelakang ini semua.
    Setelah zaman Gusdur semuanya berakhir.
    Silahkan teman2 menyimpulkannya sendiri
    Soekarno kah?
    RRT?
    PKI?
    CIA?
    Soeharto?
    Yang pasti semua itu telah terjadi...
    Sejarah telah berjalan pada jalurnya...
    hanya saja bagaimana jalan sejarah itu dipertanyakan kebenarannya.

    BalasHapus
  15. Wah, Patrant
    puisi anda keren sekali.
    kalau sayah pribadi mendukung CIA sebagai dalang...
    tulisan anda membuat tumbuh sebuah pertanyaan baru di benak sayah, benarkah 'pengucilan' terhadap kaum keturunan tionghoa ada hubungannya dengan G 30 S?
    waw.

    Mbah Santos...
    mengenai serangan oemoem satu maret, ada versi yang menyatakan bahwa kol. Bamban Sugeng lah yang mencetuskan idenya, karena beliau mempunyai posisi strategis dan mengetahui keberadaan Panglima Sudirman.Soeharto hanyalah pelaksana perang.
    hah.... bagaimana ini?

    BalasHapus
  16. Mengenai sentimen terhadap keturunan tionghoa sebetulny sudah terjadi lama sebelum kejadian tsb. Itu terjadi karena stratifikasi kelas yg dibuat oleh pemerintahan kolonial zaman Belanda doeloe. Sentimen tsb terjadi lebih karena faktor ekonomi. Dan itu diperparah oleh kejadian G30S.

    Untuk Serangan Oemoem 1 Maret akan dibahas dalam posting yg berbeda, tunggu aj dlm waktu dekat ini!

    BalasHapus